Kesehatan masyarakat tidak akan terwujud tanpa partisipasi aktif masyarakat. Seperangkat peraturan, baik dalam bentuk undang-undang atau sekadar imbauan saja tidak cukup untuk membuat lingkungan di sekitar menjadi asri dan resisten terhadap berbagai penyakit. Membudayakan gaya hidup dan lingkungan yang sehat merupakan hal wajib yang harus diterapkan oleh setiap individu di lingkungan pemukiman warga.

Jangan Abaikan Kebersihan Lingkungan Sekitar

Sebersih apapun rumah Anda, jika lingkungan dimana Anda tinggal kotor dan tidak dirawat, risiko muncul penyakit tetaplah besar. Ada 5 aktivitas yang harus Anda budayakan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Berkontribusi terhadap kesehatan lingkungan sekitar rumah dan masyarakatnya dimulai dari rumah sendiri. Jagalah kebersihan lingkungan atau halaman rumah Anda. Jangan sampai tidak bersihnya lingkungan rumah menjadi pemicu munculnya penyakit khas kawasan tropis, contohnya chikungunya dan demam berdarah.

2. Kelola Sampah dengan Baik

Kelola Sampah dengan Baik

Tidak semua perumahan atau pemukiman warga mendapatkan jasa pembuangan sampah yang selalu tepat waktu. Karenanya, sampah yang ada di lingkungan masyarakat harus dikelola dengan baik. Jika perlu dan urgen, buatlah pengelolaan sampah mandiri. Pengelolaan sampah yang baik akan menciptakan kesehatan masyarakat yang didambakan. Patuhilah aturan tidak membuang sampah sembarangan.

3. Hidupkan Kembali Kerja Bakti

Hidupkan Kembali Kerja Bakti

Jumsih atau Jumat Bersih atau apapun namanya merupakan kegiatan kerja bakti yang tampaknya harus dihidupkan kembali. Kegiatan gotong royong untuk menjaga lingkungan sekitar yang dilakukan rutin perlu kembali menjadi budaya. Lakukan dan inisiasi kerja bakti paling tidak 1 kali dalam seminggu.

4. Memperbanyak dan Menyebarkan Tong Sampah

Memperbanyak dan Menyebarkan Tong Sampah

Banyak saja tidak cukup, tong sampah harus disebar di area-area pemukiman secara merata. Jika banyak dan tersebar merata, warga tidak kesulitan membuang sampah. Tidak akan terjadi penumpukan sampah yang dapat berakibat buruk, baik bagi kesehatan, pemandangan, maupun bagi kenyamanan Anda.

5. Menanam Tanaman

Menanam Tanaman

Percantik dan perkaya lingkungan pemukiman warga dengan menanam banyak tanaman. Selain elok dipandang, tanaman-tanaman tersebut akan menghadirkan kesejukan. Lingkungan akan menjadi semakin asri dan kesehatan masyarakat akan terjamin. Lakukan proses penghijauan ini dengan sistematis dan terencana.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *