4 Cara Alami Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang

4 Cara Alami Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang

Membangun tulang yang sehat adalah upaya untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang di masa tua. Mineral adalah kandungan nutrisi yang paling berperan penting dalam hal ini. Namun, di usia 30 tahun manusia akan mencapai puncak usia memiliki massa tulang. Jika dalam 30 tahun pertama pembentukan massanya tidak padat, di masa tua tulang rentan rapuh dan mengurangi taraf hidup anda.

Cara Alami Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang

1. Mengkonsumsi banyak sayuran

Mengkonsumsi banyak sayuran

Sayuran adalah sumber penting yang sangat baik untuk tulang. Vitamin C yang ada pada sayur dapat menstimulasi pembentukan sel tulang. Selain itu, antioksidannya berperan dalam melindungi sel tulang dari kerusakan. Asupan tinggi dari sayuran berwarna hijau dan kuning berhubungan dengan upaya menghindari osteoporosis pada manula. Pada anak-anak sayuran akan membantu produksi tulang yang sehat.

2. Mengkonsumsi protein

Mengkonsumsi protein

Porsi tulang sebanyak 50% adalah protein, sehingga konsumsi nutrisi yang satu ini sangatlah penting. Asupan protein yang rendah mengakibatkan rendahnya penyerapan kalsium, sehingga tulang rentan rapuh dan membentuk formasi yang tidak sempurna. Manusia memerlukan setidaknya sekitar 100 gram protein setiap harinya untuk menjaga densitas tulang dan sendi.

3. Mengkonsumsi kalsium

Mengkonsumsi kalsium

Jenis mineral terbanyak yang ada pada tulang adalah kalsium. Sel tulang yang tua akan rapuh dan tergantikan dengan sel baru. Sel ini tercipta dari kalsium, sehingga konsumsi harian akan membantu melindungi struktur dan kekuatan tulang. Pada remaja, konsumsi harian yang dibutuhkan sekitar 1300 mg sementara manula membutuhkan 1200 mg. 

4. Konsumsi vitamin D dan K

Konsumsi vitamin D dan K

Vitamin D dan K berperan dalam pembentukan tulang yang kuat. Vitamin D membantu tubuh dalam menyerap kalsium, mencegah osteoporosis dan berbagai penyakit sendi lainnya. Sementara vitamin K mendukung kesehatan tulang dengan cara memodifikasi osteocalcin, protein yang membentuk tulang. Modifikasi ini berperan dalam mencegah kehilangan kalsium pada tulang yang rapuh.

Di seluruh stage kehidupan, mulai dari bayi hingga tua, kesehatan sendi dan tulang sangat penting. Namun, tak banyak yang menyadari kekurangan dalam pembentukan tulang sampai pada tingkatan yang parah. Untungnya, ada banyak nutrisi dan kebiasaan gaya hidup sehat yang membantu anda untuk menghindari hal ini.

Posts created 14

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas