Tahapan Mengenai Perkembangan Bayi 1 Bulan

Pada usia 1 bulan, si Kecil mulai mengeksplorasi tangan dan kakinya. Ia juga akan mulai “menjawab” kata-kata Ibu dengan ocehan dan mengikuti objek dengan matanya. Ketahui perkembangan bayi selengkapnya di sini.

Agar si Kecil tumbuh optimal, Ibu sebaiknya memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan seksama agar sesuai dengan milestone growth. Bawalah si Kecil setiap bulan ke posyandu atau fasilitas kesehatan terdekat untuk memantau kenaikan berat badan, panjang badan, dan lingkar kepalanya. Selain itu, berikan stimulasi yang cukup agar perkembangan kemampuan si Kecil makin optimal. 

1. Mengenal tangan dan kakinya

Ketika lahir, si Kecil belum menyadari bahwa ia memiliki tangan dan kaki. Di usia 1 bulan, ia mulai mengeksplorasi tubuhnya. Bagian tubuh yang pertama dikenalnya adalah tangan dan kaki.

Gambar terkait

Coba stimulasi si Kecil dengan cara mengangkat kedua tangannya ke atas kepala, dan tempelkan kedua tangannya ke wajah agar si Kecil dapat melihat dan merasakannya sekaligus. Tetapi, pastikan tangan dan kaki si kecil tetap hangat. Bayi usia 1 bulan mudah kehilangan panas tubuhnya melalui tangan dan kakinya.

2. Ocehan si kecil

Ajak si Kecil mengobrol dan tersenyum padanya. Sebagian besar bayi akan mulai “menjawab” kata-kata Ibu dengan mengoceh dan membalas senyuman Ibu. Jangan ragu menceritakan apa yang sedang Ibu kerjakan pada si Kecil, karena si Kecil tak pernah terlalu muda untuk diajak bicara.

3. Mulai mengangkat kepala

Letakkan si Kecil dalam posisi tengkurap. Si Kecil akan mulai mengangkat kepalanya selama beberapa saat, bahkan mungkin dapat menoleh ke kanan dan ke kiri.

4. Tidur malam lebih lama

Si Kecil mungkin lebih lama tidur di malam hari, sekitar 4 sampai 6 jam. Kebiasaan ini bisa dimulai sejak umur 6 minggu sampai 6 bulan, tergantung perilaku dan perkembangan bayi itu sendiri.

5. Ekspresi wajah

Si Kecil mulai mengembangkan kemampuan berekspresi. Dia mungkin mulai mengerucutkan bibirnya, mengangkat alis, melebarkan dan menyipitkan matanya, dan mengerutkan dahinya.

6. Belajar menggenggam

Si Kecil mungkin belum bisa meraih benda dan menggenggamnya, tetapi tangan si Kecil sudah bisa menggenggam benda yang diletakkan di tangannya. Si Kecil juga mungkin belum bisa melepaskan benda yang ada di tangannya meskipun ia ingin melepaskannya.

Posts created 15

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas